Sikapi kasus AKIL, majelis kehormatan MK siap marathon

Posted on Updated on

Jakarta – majelis kehormatan, Mahkamah kunstitusi ( MK ) akan bekerja sangat cepat dan marathon, terkait target target tertentu yang akan diumumkan, tentang kasus suap disidang mahkamah konstitusi yang dipimpin akhil mochtar.

Dalam perbincangan penyiar KBR68H Agus Luqman dan Rumondang Nainggolan dengan anggota Majelis Kehormatan Hikmahanto Juwana dalam program Sarapan Pagi. Juwana mengatakan
tidak akan menggunakan waktu 90 hari, akan tetapi akan bekerja sangat cepat dan marathon. Meskipun demikian hasil yang dimumukan juga harus akurat karena berkaitan dengan nasib seseorang.

“jadi kita harus bekerja cepat apalagi masyarakat sudah menurun kepercayaannya terhadap Mahkamah Konstitusi sehingga proses ini tidak bisa lama-lama. Oleh karena itu kalau dilihat ini para profesor yang ditunjuk jadi Majelis Kehormatan bahkan beliau-beliau yang senior bersedia bekerja secara marathon untuk ‘turut’ memperbaiki Mahkamah Konstitusi dengan proses ini.  “

mkM

Dua anggota Majelis Kehormatan Hakim Mahkamah Konstitusi Bagir Manan (dua kiri) dan Mahfud MD (kanan) menanyai saksi pada sidang perdana Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi di Gedung MK, Jakarta, Senin (7/10) malam. (Foto: ANTARA)

Kemarin (Senin 7 okt ), Majelis Kehormatan memeriksa sembilan saksi terkait kasus suap yang melibatkan Akil Mochtar. Dalam pemeriksaan tersebut dari sisii Majelis Kehormatan ingin melihat apakah ada perilaku Akil Mochtar yang dianggap tidak patut atau melanggar kode etik. Karena ranah majelis kehormatan  adalah ranah terkait dengan perilaku hakim konstitusi dan kode etik hakim konstitusi. Sehingga tidak melihat  kasusnya itu sendiri akan  tetapi lebih kepada apakah Akil Mochtar setelah terjadi penangkapan itu melakukan tindakan-tindakan yang dianggap sebagai tidak patut sehingga bisa meruntuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Mahkamah Konstitusi dan juga melanggar kode etik yang sudah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s